Rabu, 30 Januari 2008

Orang Hebat Telah Lenyap

27 January 2008 salah satu orang hebat talah meninggal dunia. Ya sebagai manusia gw cuma bisa berdoa mudah2an orang itu di adili di alamnya yang sekarang sesuai dengan kebaikan dan keburukannya. Soeharto telah banyak memberi pelajaran kepada bangsa Indonesia bahkan dunia. Hasil-hasil yang dibawa masa kepemimpinannya telah menuai banyak arti.

Menciptakan sistem pemerintahan orde baru yang bisa bertahan sampai 3o tahun. Walaupun memunculkan banyak pertentangan. Pertentangan hati nurani dengan menghilangkan orang dan pihak-pihak yang mengganggu kestabilan kekuasaannya. Subversif bo, masih ingat kata-kata ini. Sampai ada Undang-undang anti subversif. Dia telah meninggalkan banyak pelajaran. Bagi pemimpin bangsa ini kelak coba melihat apa yang telah di petik oleh mantan pemimpin ini.

Kita harus melihat kebaikan dan keburukan yang telah di bawanya. Seburuk-buruknya manusia tapi ada juga kebaikan yang di hasilkannya. Kita tinggal melihat mana proporsi yang terbesar. Memaafkan pasti di maafkan, namun pertanggungjawaban haruslah ada.

Saat ini orang-orang banyak yang merasakan kehilangan. Mereka berdoa untuk pengampunan dosa-dosanya. Tapi masalah dosa adalah urusan manusia dengan Tuhannya. Tapi di duniapun ternyata memiliki sistem hukum dan keadilan. Dan itu harus diselesaikan. Marilah kita coba melihat secara bijak masalah ini.

Tidak ada komentar: